Dalam komputer science (computer enginering), bidang grafika komputer menitik beratkan atau memfokuskan pada domain bahasa, data multimedia, basis data, dan teknik/metode pengolahan multimedia.
Grafika komputer adalah bidang terapan yang membahas pemanfaatan komputer dalam rekayasa multimedia khususnya gambar (image-processing).
Sebuah komputer dengan I/O-device hanya berinteraksi dengan 4 jenis data, yaitu:
- Text: 1 layer; 2 dimensi
- Suara: 1 layer; 4 dimensi
- Gambar: 1 layer; 2 dimensi
- Video: 2 layer; 2/3/4 dimensi
Untuk 3-dimensi (3-D) sumbu ke-3 direpresentasikan menjadi sumbu-z (arah ke pengamat):
Oleh sebab itu, untuk memunculkan 3-D/4-D dilakukan rekayasa citra (warna).
Citra(warna) berdasarkan pada pixel (bila memandang pendekatan komputer), semakin besar nilai pixel maka citra (warna) semakin realistis (tereduksinya noise), sehingga gambar menjadi berkualitas.
Citra/warna semakin berkualitas meliputi beberapa komponen/atribut/kriteria, seperti:
- Brightness: Mengukur aspek kecerahan object/image;
- Sharpness: Mengukur aspek ketajaman object/image;
- Contrast: Mengukur aspek kejelasan object/image;
Bidang-bidang geometri yang umum dikenal dan digunakan dalam grafika komputer diantaranya seperti:
- Segala sesuatu dikelompokkan dalam segi-n;
- Lingkaran (dan tingkatannya);
- Kombinasi segi-n dan lingkaran
Untuk segi-n merujuk pada jumlah ruas/garis segi-n:
- n=3(segitiga);
- n=4(segiempat);
- n=5(pentagonal);
- n=6(hexagonal);
- n=8(octagonal);
Beberapa jenis segiempat yang sering dikenal dan digunakan dalam grafika komputer, yaitu:
- Persegi panjang
- Bujur sangkar
- Belah-ketupat
- Jajarangenjang
- Layang-layang
- Trapesium


Tidak ada komentar:
Write komentar